-->

4 Hal Yang Harus Di Lakukan Saat Tersesat Di Gunung


4 Hal Penting Yang Harus Di Lakukan Saat Tersesat Di Gunung - Hai Sobat heripedia selamat pagi selemat beraktifitas, Kali ini mimin akan memberikan info menarik untuk sobat. Apakah disini ada yang suka mendaki gunung atau Traveling ke hutan maupun kemanapun. Jika iya kalian harus memperhatikan keselamatan kalian saat melakukan kegiatan mendaki atau traveling. Nah ada beberapa hal penting yang harus kalian lakukan jika sedang melakukan pendakian Gunung. Selain kalian harus berhati - hati dan menjaga para anggota yang lain. Ada 4 hal penting yang harus kalian lakukan jika saat sedang tersesat di Gunung.

Mendaki Gunung adalah salah satu keinginan saya yang belum terealisasikan. Satu hal yang harus kalian tahu Mendaki Gunung bisa mengobati rasa penat dan menghilangkan banyak masalah. Saat kita sedang ada di Gunung banyak manfaat yang bisa kita ambil antara lain Sering ngobrol bersama, Jarang menggunakan HP , Melatih mental dan kepedulian , Serta jarang melamun bengong dan sebagainnya.

Jika kalian Tersesat saat Naik Gunung ada banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk selamat. Jika kalian tersesat sendirian ,Misal tersesat di gunung saat sedang buang air dan tiba - tiba di tinggal oleh rombongan biasakan selalu tenang. Jaga situasi diri kalian tetap tenang dan jangan sampai kalian membuat pikiran yang membuat kalian cemas sendiri.

Dulu sempat ada temen yang tersesat di Gunung namun akhirnya bisa ditemukan dengan keadaan selamat. Ternyata dia tau caranya bertahan hidup saat tersesat dihutan atau di gunung. Beberapa hal penting yang bisa kalian lakukan saat tersesat digunung antara lain sebagai berikut.

 4 Hal Yang Harus Di Lakukan Saat Tersesat Di Gunung

 

1. TETAP TENANG

Mudah sekali untuk menulis huruf diatas, tapi bagi pendaki pemula sangat sulit untuk tetap tenang ketika menyadari sudah dalam kondisi tersesat, tetapi mau tak mau bersikap tenang adalah hal pertama yang harus dilakukan. Selain itu anda harus memiliki kemauan yang kuat untuk tetap bertahan hidup dan yakin bahwa anda pasti akan ditemukan oleh tim penyelamat adalah dua hal yang harus anda tanamkan pada diri anda.

2. KEMBALI KE TITIK AWAL ATAU TERUS KE PUNCAK

Dalam kondisi tenang diharapkan anda akan bisa berfikir jernih, selanjutnya anda punya pilihan kembali ke titik awal atau terus melanjutkan perjalanan ke puncak. Keputusan ini tergantung beberapa pertimbangan seperti kondisi fisik, logistik yang tersedia, tingkat kesulitan jalur, dan perkiraan jarak antara kembali ke titik awal atau tetap meneruskan kepuncak, tetapi kalau hari sudah mulai gelap sebaiknya langsung dirikan shelter untuk bermalam. Putuskan dengan matang dan jalani dengan penuh keyakinan kalau anda pasti akan kembali masuk ke peradaban.

3. TINGGALKAN JEJAK SEBAGAI PENANDA

Saat memutuskan kembali ke titik awal atau meneruskan ke puncak, jadikan lokasi pertama anda tersesat menjadi titik nol atau titik awal perjalanan anda. Tinggalkan jejak dengan memberi tanda lokasi tersebut, bisa dengan apa saja yang penting mudah terlihat. Lebih bagus lagi dengan meninggalkan sedikit catatan yang berisi waktu dan rencana perjalanan anda.

4. CARI LOKASI STRATEGIS DAN BUAT SIGNAL

Tindakan terakhir yang harus dilakukan jika tidak juga menemukan jalan keluar atau anda terlalu takut untuk mencari jalan keluar adalah membuat shelter dilokasi yang cukup aman, nyaman dan cukup strategis seperti dekat dengan sumber air dan di area yang cukup terbuka sambil menunggu tim penyelamat menemukan anda. Buat sinyal dari api atau tumpukan batu, kayu atau bahan lainnya sebagai penanda posisi agar mudah terlihat dari atas atau dari kejauhan.

Nah itulah sedikit ulasan menganai cara menyelamatkan diri saat tersesat di gunung dengan melakukan 4 hal penting antara lain Tetap tenang, kemabali ke titik awal atau terus ke puncak, Tinggalkan jejak sebagai penanda ,serta Cari lokasi strategis dan buat sinyal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Hal Yang Harus Di Lakukan Saat Tersesat Di Gunung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel